Kamis, 31 Januari 2013

KOMENTAR SEPUTAR KEGIATAN OPEN LABORATORY EXPO KIMIA TAHUN 2013

KOMENTAR SEPUTAR KEGIATAN OPEN LABORATORY EXPO KIMIA TAHUN 2013
Ditulis oleh : RESTY AFFIANI (12 IPA 2 SMAN 1 CIBEBER)
               
Pada hari Selasa, 29 Januari 2013 saya bersama seluruh siswa kelas 12 IPA SMAN 1 Cibeber tahun ajaran 2012-2013, serta guru-guru pembimbing terutama “our lovely chemistry teacher (Yth. Ibu Erlyna Widjayanti )” mengikuti kegiatan Open Laboratory yang merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan dalam EXPO Kimia 2013 yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa kimia FMIPA UPI. Kegiatan tersebut berupa kunjungan masuk ke laboratorium-laboratorium kimia UPI (open praktikum pembelajaran) dan juga di sana panitia yang merupakan mahasiswa kimia menjelaskan secara detail alat-alat yang ada sampai cara pengoprasiannya.
Perlu diketahui bahwa saya adalah salah satu spesies SMAN 1 Cibeber yang bisa terbilang sangat aneh di Jurusan IPA ini. Paling males deeeh kalau mulai harus mengeluarkan sebagian ATP untuk berkelahi dengan yang namanya “praktikum ipa”. Makanya terkadang saya tiba-tiba autis jika sedang praktikum, haha :D. Tapi, setelah saya mengikuti kunjungan Open Laboratory ini saya agak sedikit berfikir keras :D ternyata asyik juga ya bertemu dengan berbagai alat-alat aneh yang belum pernah saya temui di lab sekolah, tentunya berkaitan dengan alat-alat praktikum kimia. Di Open laboratory ini saya juga mendadak menjadi spesies yang mulai berfikir bahwa tidak selamanya praktikum itu menyeramkan, malah ketika melihat atraksi-atraksi kaka-kaka kece pada saat mendemonstrasikan praktikum sederhana itu saya mendadak merasa ingin belok nih untuk ngambil jurusan kimia-UPI (haha :D dalam hati berbisik “istiqomah chy, istiqomah sama pacar echy yaitu matematika”)hehe
Adapun praktikum yang di demonstrasikan diantaranya :  mengenai massa jenis(es batu yang terapung dan tenggelam), uji larutan elektrolit, titrasi asam basa, secret massage, uji boraks menggunakan indikator alami, dancing soda, sulap biru, elephant tooth paste, destilasi sederhana dan bertingkat, dan masih ada lagi (hehe keburu lupaaa :D). Semuanya AMAZIIIIING deeeh!
Yang paling meninggalkan kesan di hati yang terdalam itu ketika secret massage :D haha, kenapa? Karena saat itu saya bisa menjawab pertanyaan yang diajukan kaka cantik tentang praktikum ini :D hahaha (lebaaaayy deh chy cuma gitu ajaaa)#becanda. Tepatnya saat setelah season ini kita disajikan sebuah video motivasi. Disitu banyak kata-kata yang bisa memotivasi saya. Pokonya intinya kita hidup itu harus mempunyai MIMPI. Tapi jangan hanya bermimp kemudian diam saja, lakukan TINDAKAN agar mimpi mimpi itu menjadi kenyataan. Intinya “tidak ada yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin, dan semua itu berawal dari sebuah mimpi!”. O yaa ada season yang tak kalah berkesan lagi nih, yaitu permainan kimia yang menarik, semacam puzzle kimia gitu, dan permainan ini menurut saya dapat menginspirasi para guru dan siswa dalam pembelajaran. Dan woooooowww kelompok saya BE THE WINNER saat games itu. So, setiap orang dari anggota kelompok termasuk saya mendapatkan “gantungan kunci expo kimia 2013”. Aaaaa uchuuuld beud gantungan nya, apalagi punya saya warna biru. It’s my favorite colour. Makasih kaka-kaka keceee (tapi haya ada 1 yang paling kece !) haha :D *sensor*
Pada akhirnya kunjungan tersebut tentunya menjadi pengalaman yang berharga untuk saya. Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, khususnya beberapa demonstrasi praktikum sederhana yang menarik, kunjungan tersebut dapat menjadi tambahan semangat bagi saya untuk belajar ilmu Kimia lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, open laboratory ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran, minat dan kemampuan generasi muda di masa mendatang dalam menerapkan teknologi kimia.
Pokonyaa slogan dari saya : “CHEMISTRY-OUR LIFE, OUR FUTURE!”
Ahir kata saya uncapkan terimakasih banyak kepada ibu kami tersayang yaitu Ibu Erlyna Widjayanti yang telah mengajak kami untuk mengikuti kunjungan yang sangat bermanfaat ini, tentunya remedialan menjadi lebih asyik karena “KIMIA MEMANG ASYIK”. Dan terimakasih juga untuk para panitia expo kimia yang telah mengeluarkan banyak ATP untuk mendemonstrasikan praktikum sederhana dan sangat menarik ini. Semoga Allah SWT menjadikan itu semua sebagai ibadah J Amin

Oke terakhir saya ingin berteriak sekencang mungkin :
OPEN LABORATORY EXPO KIMIA FMIPA UPI 2013 ..... “Bersama Kimia Kembangkan Potensi Generasi Muda yang Kreatif, Kompetitif, Inovatif, untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia” aaaaaayyyyyeeeeeeyyyyyy !!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar